Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

KIM menjadi wadah bagi masyarakat Babel berbagi informasi



Beltim - Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ikut membangun daerah. Pasalnya kebutuhan mendasar dalam melaksanakan pembangunan yakni data dan informasi. Jika masyarakat mampu mengolah data dan informasi dengan benar, berdampak terhadap percepatan pembangunan daerah.

Marwan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, era keterbukaan informasi dan teknologi informasi membuat masyarakat mudah mendapatkan informasi. Dengan kondisi tersebut, seharusnya masyarakat Indonesia sudah pintar-pintar. Sebab informasi yang diterima masyarakat menjadi bagian ilmu pengetahuan.

"Kita jangan tertinggal dengan daerah-daerah lain. Untuk itu kita harus selalu mengikuti perkembangan informasi dan teknologi. Jika semua itu sudah dikuasai, maka tidak ada lagi masyarakat kita yang bodoh," katanya saat membuka kegiatan Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Hotel Oasis, Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Sabtu (31/5/2014).

KIM menjadi wadah bagi masyarakat berbagi informasi. Selain itu keberadaann KIM juga dapat menunjang pembangunan ekonomi lokal, peningkatan kualitas sumber daya manusia, reformasi birokrasi, pengelolaan lingkungan hidup dan berdampak terhadap pemerataan pembangunan.

Peningkatan akses informasi menjadi salah satu bagian arah pembangunan jangka panjang daerah. Juaidi Sekretaris Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, selain peningkatan akses informasi juga terdapat pemasaran permodalan, kesempatan kerja dan teknologi. Peran KIM juga dapat ikut melakukan perencanaan pembangunan daerah.

Lebih jauh ia menjelaskan, KIM mempunyai tugas mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi. Diharapkan masyarakat dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat. Selanjutnya bisa mewujudkan jaringan informasi serta menjadi media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan kelompok lainnya. Terjadinya pertukaran informasi antar masyarakat dan kelompok dapat mewujudkan kebersamaan, kesatuan dan persatuan bangsa.

"Dengan data dan informasi dapat membuat perencanaan menjadi matang. Hal itu menjadikan perencanaan tepat dan sesuai dengan kondisi di suatu wilayah. Ini menjadi syarat mutlak dilakukannya usaha pembangunan dalam mengatasi kesenjangan sosial," jelasnya saat menyampaikan materi bertema Sinergitas KIM dalam Partisipasi Pembangunan.

Program dan indikator kinerja komunikasi dan informasi yakni memanfaatkan teknologi informasi guna memaksimalkan e goverment dalam pelayanan publik yang efektif dan efesien. Tak hanya itu, sebab berperan juga melakukan pemerataan akses teknologi dan informasi sampai ke daerah pesisir, terpencil dan pulau-pulau kecil untuk memberikan sarana informasi kepada masyarakat.

Sementara Effendi Kabid Sarana Komunikasi Diseminasi Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, keberadaan KIM tersebar di kelurahan sehingga dapat mendukung pembangunan. Namun kelompok ini bukan suatu organisasi massa, melainkan merupakan kumpulan organisasi pembinaan masyarakat seperti PKK, karang taruna, pengrajin dan kelompok masyarakat lainnya.

Biasanya KIM memulai pertumbuhan dari bawah. Ia menambahkan, sebab di era demokratisasi memungkinkan masyarakat berekspresi dan membentuk komunitas secara bebas. Komunitas ini harus diterima dan berperan positif dalam pengembangan kualitas masyarakat. Sebab banyak kapabilitas harus dimiliki KIM jika ingin memainkan peran jembatan informasi masyarakat.

Strategi penyebarluasan informasi dapat dilakukan dengan menggunakan pertunjukan rakyat. Kelompok ini juga dapat menjelma sebagai lidah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. KIM juga mampu menjadi jejaring penyampaian informasi mulai dari pusat sampai ke pelosok desa. Sehingga masyarakat mendapatkan pengetahuan tentang kemajuan teknologi.

"Pengukuran output KIM terlihat pada aktivitas ADINDA KIM. Adapun ADINDA yakni, Akses informasi, Diskusi, Implementasi, Networking, Diseminasi informasi dan Aspirasi," tegasnya.(tim)



Credit : Diskominfo Babel
Belitungku.com Portal Informasi Pulau Belitung Terkini
KIM menjadi wadah bagi masyarakat Babel berbagi informasi Reviewed by Kim Jinsu on Minggu, Juni 01, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belitungku.com © 2011 - 2015
Powered By Google.co.id, Designed by Muhadi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.