Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Langkah Sederhana Dalam Pengajuan Kredit Tanpa Agunan



Anda membutuhkan modal untuk usaha?  Salah satu cara sederhana bagaimana mendapatkan modal pinjaman pada bank adalah dengan menggunakan metode pengajuan kredit modal usaha tanpa agunan atau jaminan. Langkah pertama yang harus kita ambil adalah memilih salah satu bank yang mempunyai kredibilitas tinggi, biasanya bank-bank milik pemerintah yang banyak sekali menawarkan program kredit untuk rakyat. Dengan adanya program untuk rakyat ini, perihal birokrasi dan persyaratan aplikasi kredit untuk modal usaha akan dimudahkan dengan ketentuan aturan perbankan yang berlaku. Keuntungan daripada aplikasi kredit modal usaha pada bank pemerintah adalah :

  • Keleluasaan dalam hal pemanfaatan modal usaha
  • Jangka waktu pembayarannya fleksibel dengan tenor maksimal atau disesuaikan dengan kemampuan pembayaran
  • Bunga kredit ringan
  • Persyaratan mudah
  • Adanya program pelatihan kewirausahaan bagi Anda yang awam tentang dunia usaha

6 Hal Utama Dalam Proses Pengajuan Kredit

Dengan adanya program perbankan dari pemerintah inilah, semua kebutuhan dalam hal finansial Anda akan termudahkan. Adapun persyaratan aplikasi kredit modal usaha ini juga dipermudah dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
Pertama, sebelumnya tentu Anda harus memilih bank mana yang akan menjadi tujuan Anda mengajukan KTA. Tiap bank bisa berbeda dalam persyaratan pengajuan kredit serta limit kredit yang diberikan. Oleh karena itu, Anda perlu memilih bank yang persyaratannya bisa Anda penuhi. Serta limit kredit yang diberikan sesuai dengan harapan Anda.
Kedua, lebih baik jika Anda mempunyai kartu kredit. Akan lebih mudah bagi bank untuk meloloskan kredit tanpa agunan yang Anda ajukan jika sebelumnya Anda sudah memiliki kartu kredit. Sebab bank bisa melacak history kredit Anda selama ini. Pastikan juga tagihan kartu kredit Anda selama ini lancar. Usia kartu kredit tersebut sebaiknya minimal satu tahun.
Ketiga, siapkan persyaratan KTA. Siapkan dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan KTA. Syarat-syarat dari bank untuk pengajuan KTA biasanya seperti fotokopi KTP, fotokopi kartu kredit, fotocopy NPWP, slip gaji (jika karyawan) atau fotocopy SIUP (jika punya usaha). Juga, sebaiknya Anda memiliki nomor telepon rumah untuk pengajuan KTA ini. Sebab biasanya bank akan menghubungi Anda lewat telepon rumah.
Keempat, datangi bank atau ajukan secara online. Datangi bank yang menjadi tujuan Anda untuk mengajukan KTA. Isi formulir dan sertakan persyaratan yang dibutuhkan. Saat mengisi formulir, isi sesuai fakta yang sebenarnya.
Atau Anda bisa coba juga untuk mengajukan KTA secara online. Saat ini banyak bank yang sudah menyediakan fasilitas pengajuan KTA lewat internet.
Kelima, konfirmasi. Jika Anda melakukan pengajuan KTA secara online, setelah memasukkan formulir KTA lewat online itu sebaiknya Anda konfirmasikan kepada pihak bank. Tujuannya agar mereka bisa melakukan proses untuk pengajuan KTA yang Anda masukkan.
Keenam, verifikasi. Bank akan mengabari Anda dan melakukan verifikasi. Wawancara bisa dilakukan secara langsung atau lewat telepon. Verifikasi ini untuk mengecek kelangkapan persyaratan untuk pengajuan KTA.

Persyaratan Dan Dokumen Yang Diperlukan Pada Umumnya

Adapun persyaratan wajib bagi kreditur meliputi:
  • Status kewarganegaraan asli
  • Mempunyai penghasilan tetap, dengan masa kerja biasanya selama 2 tahun
  • Batasan usia minimal dan usia maksimal selama pelunasan masa kedit
  • Pengisian formulir dan kelengkapan dokumen penunjang
Perihal persyaratan tentang dokumen penunjang biasanya berisi tentang:
  • Foto copy Data Diri
  • Foto copy Kartu Keluarga
  • Foto copy Akta Nikah
  • Asli Surat Keterangan Kerja dan Slip Gaji
  • Asli SK Pengangkatan Pegawai terakhir atau Asli Kartu Taspen bagi Pegawai Negeri
Walau setiap bank memiliki persyaratan dan ketentuan dokumen yang berbeda. Apabila berbagai ketentuan dan persyaratan tersebut sudah Anda penuhi, ada satu hal terpenting dalam pengajuan aplikasi kredit tersebut bisa diterima adalah survey langsung dari petugas bank yang secara langsung melihat tempat usaha Anda berikut mengkonfirmasikan kembali kebenaran dan keabsahan semua data persyaratan yang telah Anda ajukan. Dengan melakukan survey langsung pada bidang dan tempat usaha Anda, petugas bank bisa memperkirakan nilai aset yang Anda miliki dan dengan mudah memperhitungkan besar kecilnya nilai pinjaman yang telah Anda ajukan.
Bilamana aplikasi kredit Anda telah disetujui, hal yang terpenting adalah kewajiban pembayaran angsuran tepat waktu dan berusahalah menjadi kreditur yang baik dengan tidak adanya keterlambatan pembayaran atau penalty atas kredit Anda. Apabila kewajiban tersebut diatas bisa Anda penuhi dengan baik maka tidak menutup kemungkinan bilamana aplikasi kredit Anda mendekati pelunasan. Pihak bank akan memberikan penawaran perihal penambahan modal kembali dengan nilai pinjaman yang lebih besar dari sebelumnya. Satu keuntungan lagi, semua persyaratan dan ketentuan pengajuan aplikasi kredit Anda kembali akan dipermudah dikarenakan Anda tidak termasuk dalam catatan hitam / buruk dalam bidang perbankan.
Referensi Imoney
Belitungku.com Portal Informasi Pulau Belitung Terlengkap
Langkah Sederhana Dalam Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Reviewed by Kim Jinsu on Sabtu, Mei 03, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belitungku.com © 2011 - 2015
Powered By Google.co.id, Designed by Muhadi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.