Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Belitung - Tuan Rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia



Tanjungpandan - Kabupaten Belitung tahun ini akan menjadi tuan rumah kegiatan berskala internasional yakni Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day Internasional Event) bertemakan "Belitong Biru".

Dikatakan Ketua Pelaksana, Amin Nurrachman, kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari mulai 5-7 Juni mendatang. Kegiatan tersebut kata dia, merupakan program Kementrian RI (Republik Indonesia) ini sebagai bentuk promosi pariwisata kelautan terkhusus di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

"Bahkan terlaksananya kegiatan ini nantinya dalam rangka mengukuhkan Blue Economy sebagai salah satu pilar pembangunan Babel. Namun lebih penting lagi, adanya kegiatan ini untuk mengingatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup dan berkontribusi terhadap usaha konservasi lingkungan hidup,"kata Amin Kamis (29/5) kemarin.
Dijelaskannya, rangkaian kegiatan dengan skala internasional akan berlangsung antara lain kegiatan bawah laut dengan menurunka 300 penyelam yang memiliki sertfikat minimal open water.

"Semuanya akan terlaksana dan berlangsung di seputaran Pantai Tanjung Kelayang. Penyelam yang akan kita turunkan terdiri dari 180 orang penyelam POSSI (Persatuan Selam Seluruh Indonesia) dari 36 Provinsi, dan 120 penyelam dari klub/komunitas selam Nasional maupun Internasional,"ungkap Amin.

Selain selam tersebut, kata Ketua Possi Belitung ini,juga akan berlangsung berbagai macam kegiatan talkshow bersama pihak Kementrian Lingkungan Hidup, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.
Bahkan, dari sisi konservasi pihaknya akan menggelar penanaman Mangrove di pulau dengan tema 2014 batang, dan pelepasan tukik serta transplantasi terumbu karang akan mengisi jadwal Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

"Termasuk didalamnya ada kegiatan workshop dengan local guide, dialog dengan kementrian, lomba Mewarnai bertemakan Lingkungan untuk edukasinya, Pameran Fotografi Bawah Air di Ship Wreck Site Pulau Lengkuas.Yang pasti puncaknya dari kegiatan ini  sebagai pemecah rekor muri,"kata Amin.

Bupati Belitung, Sahani Saleh menyambut baik kegiatan tersebut. Apalagi kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia terfokuskan di pulau-pulau kecil yang ada di Belitung.
"Alhamdulillah ini kegiatan skala Internasional, dan kita sangat beruntung sekali. Kita sudah sounding untuk perencanaan itu dengan kawan-kawan Possi dan sekarang kita  sedang koordinasi ke pihak provinsi dan pusat,"ucap Sanem.(tas)  

Belitungku.com Portal Informasi Pulau Belitung Terkini
Sumber: Radarbangka
Belitung - Tuan Rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia Reviewed by Kim Jinsu on Jumat, Mei 30, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belitungku.com © 2011 - 2015
Powered By Google.co.id, Designed by Muhadi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.