Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Penutupan Pra Musrenbangnas 2014 : Gubernur Menerima Anugrah Pangripta Nusantara 2014


Gubernur kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi hari ini menerima penghargaan Anugrah Pangripta Nusantara Pratama 2014 terbaik I tingkat provinsi untuk kategori perencanaan pembangunan daerah. Penghargaan diberikan secara langsung oleh menteri perencanaan pembangunan nasional/BAPPENAS RI Armida Salsiah Alisjahbana pada acara penutupan pra musrenbangnas 2014 di ruang pertemuan Bidakara, Jakarta hari ini 29/4.

Acara pra musrenbang 2014 yang telah berlangsung sejak 25 April 2014 hingga hari ini 30/04 berisikan rangkaian acara diantaranya rapat pembahasan usulan rencana kerja yang diikuti oleh kementerian/lembaga dan seluruh bidang perencanaan pemerintah daerah,pameran dan pemberian annugrah pangripta nusantara 2014 dan anugrah MDGs 2014 kepada sejumlah kepala daerah.

Sementara itu, menteri BAPPENAS RI, Armida S Alisjahbana dalam sambutannya menyatakan apresiasinya kepada seluruh jajaran kementerian/lembaga serta pemerintah daerah yang telah mengupayakan pelaksanaan kegiatan pra musrenbangnas 2014 dalam rangka merumuskan  rencana kerja pemerintah (RKP) 2015 yang akan dibawa dalam pembahasan  musrenbangnas 2014. 

“Adapun usulan program hasil pembahasan dari pra musrenbangnas 2014  ini akan kami laporkan kepada bapak presiden yang akan hadir pada saat acara musrenbangnas esok hari rabu 30 april pada pembukaan acara musrenbangnas 2014”,ungkap Armida S Alisjahbana.

Selain menyatakan apresiasinya, menteri BAPPENAS, Armida S Alisjahbana juga menghimbau agar usulan program yang diusulkan baik oleh kementerian/lembaga dan pemda - yang kedepannya akan disahkan dan disusun menjadi rencana kerja pemerintah (RKP )-  dapat saling bersinergi dalam rangka pencapaian tujuan sasaran nasional dan mengacu pada kebijakan yang telah ditetapkan.

“ pelaksanaan pra musrenbang 2014 telah diupayakan lebih optimal dan lebih sinkron antara kebijakan nasional dengan  kebijakan di daerah dengan lebih mengutamakan aspirasi di daerah guna pencapaian tujuan nasional,ungkapnya.

Perlu juga saya sampaikan bahwa hasilpra musrenbangnas nanti saya harap agar dapat segera ditindaklajuti sebagai berikut, kepada kementerian/lembaga dimohonkan untuk segera menindaklajuti hasil pra musrenbang ini dan juga  sebagai acuan  rencana penyusunan renja kementerian/lembaga dan dan untuk pemda hasil musrenbang ini saya harapkan juga dapat dijadikan acuan juga sehingga ada sinkronisasi dan sinergi antara arah penyusunan rencana kerja antara pusat dan daerah, ungkap menteri BAPPENAS, Armida S Alisjahbana.

Usai menyampaikan sambutannya, acara penutupan pra musrenbangnas 2014 dilanjutkan dengan pemberian penghargaan Anugrah pangripta Nusantara 2014 kepada sejumlah kepala daerah, penghargaan MDGs, dan melihat pameran dari sejumlah kementerian/lembaga yang ada serta rapat pleno.  Sementara itu, agenda utama dalam rapat pleno antaralain pemaparan arah prioritas rencana kerja pemerintah (RKP) yang diusulkan oleh kementerian/lembaga serta pemda yang mengacu pada isu strategis yang tertuang dalam RPJPN 2005-2025  dan RPJMN 2015-2025. 

Beberapa usulan program yang  diakomodir selama pembahasan pra musrenbangnas 2014 disampaikan pada rapat pleno pra musrenbangnas 2014 diantarannya;bidang SDM, sosial budaya dan agama  mencakup ;peningkatan persalinan ibu dan anak, perbaikan gizi masyarakat, pengendalian penyakit menular dan tidak menular termasuk penyehatan lingkungan,peningkatan sarana dan pra sarana kesehatan dasar seperti puskemas terutama di daerah terpencil dan perbatasan, peningkatan rumah sakit pratama(rujukan), peningkatan SDM kesehatan, pendidikan keaksaraan dasar dan keaksaraan usaha mandiri, BSM SD dan BSM SMP,BSM dan BOS pendidikan menengah,pelayanan KB dan program lainnya.

Adapun usulan program provinsi kepulauan bangka belitung pada forum pra musrenbangnas 2014 sebagaimana yang disampaikan oleh gubernur kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi kepada tim babelprov  -yang didampingi oleh kepala BAPPEDA dan statistik pemprov Babel, Yan Megawandi-  yang dibawa dalam forum pembahasan pra musrenbangnas 2014 diantaranya usulan program peningkatan sarana dan pra sarana infrastruktur  seperti jalan dan jembatan,  peningkatan ketahanan pangan, peningkatan produktifitas hasil pertanian, perkebunan dan perikanan , penanggulangan penyakit menular, program wajib belakar 12 tahun dan usulan program lainya.

“saat ini program yang kami usulkan masih konsentrasi terkait infrastruktur, upaya peningkatan lahan pertanian dan peningkatan produktifitas hasil pertanian,perkebunan serta perikanan ya ini kami maksudkan juga dalam rangka mendukung program ketahanan pangan di daerah dan usulan program prioritas lainnya” ungkap gubernur

 Adapun rangkaian kegiatan pra musrengbangnas 2014 hari ini akan dilanjutkan dengan kegiatan musrenbangnas 2014 yang rencananya akan dihadiri oleh presiden RI.  

Babelprov.go.id
Belitungku.com Portal Informasi Pulau Belitung Terlengkap
Penutupan Pra Musrenbangnas 2014 : Gubernur Menerima Anugrah Pangripta Nusantara 2014 Reviewed by Kim Jinsu on Rabu, April 30, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belitungku.com © 2011 - 2015
Powered By Google.co.id, Designed by Muhadi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.