Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

4 Hal Sebelum Mengajukan Pinjaman Pribadi



Mencari penawaran terbaik untuk mangajukan pinjaman pribadi dapat menjadi hal yang merepotkan. Ada banyak sekali bank yang menawarkan pinjaman pribadi di Indonesia, jadi sebelum Anda memutuskan untuk memilih, perhatikan  beberapa tips bagi Anda.

Kriteria Kelayakan Kredit Pribadi

Mengajukan pinjaman pribadi punya persyaratan yang cukup ketat. Beberapa contoh di antaranya:
  • Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia
  • Umur minimum 21 tahun dan umur maksimum pada saat kredit lunas 55 tahun
  • Status: Karyawan Tetap atau Professional dengan masa kerja minimal 1 tahun
  • Penghasilan minimal Rp. 2.500.000,- per bulan

Bunga Flat

Tingkat bunga flat pada dasarnya adalah biaya yang dikenakan atas pokok pinjaman Anda (jumlah yang dipinjam) selama jangka waktu pinjaman.
Meskipun perhitungan ini cukup sederhana, peminjam cenderung lupa bahwa dengan perhitungan tingkat bunga flat, bunga selalu dikenakan pada jumlah awal pinjaman Anda. Oleh karena itu, tidak peduli berapa banyak pinjaman Anda yang telah disetor, Anda (peminjam) masih harus membayar bunga yang dihitung penuh pada awal pinjaman Anda.
Contoh bagaimana rata suku bunga bekerja: Misalkan Anda meminjam Rp 10 juta dengan tingkat bunga tetap sebesar 10% per tahun. Para beban bunga akan menjadi Rp 1 juta setiap tahun sampai jumlah seluruh pinjaman diselesaikan / dilunasi (yaitu suku bunga adalah Rp 1 juta setiap tahun terlepas dari berapapun saldo pinjaman Anda).

Biaya Pembayaran Lebih Awal

Beberapa bank akan mengenakan biaya penalti untuk peminjam yang ingin melunasi pinjaman pribadi mereka lebih cepat dari kesepakatan (karena hal ini akan menyebabkan bank kehilangan pendapatan bunga). Biaya pelunasan awal biasanya persentase (sekitar 2% sampai 3%), dibebankan pada saldo pinjaman pada saat pelunasan.

Denda Keterlambatan Pembayaran

Jika gagal untuk membayar cicilan pinjaman Anda tepat waktu, Anda mungkin akan dikenakan biaya keterlambatan pembayaran. Selain itu, ada juga dua kemungkinan lain. Satu, kreditur memiliki hak untuk mengambil tindakan hukum terhadap Anda. Kedua, bank bisa mengurangi saldo kredit dari rekening bank Anda (jika meminjam di bank yang sama) untuk mengimbangi jumlah utang pada pinjaman Anda. Jika peminjam telah mengajukan permohonan pinjaman dengan agunan, bank bisa menyita aset yang ditetapkan sebagai jaminan.

Referensi Imoney
Belitungku.com Portal Informasi Pulau Belitung Terlengkap
4 Hal Sebelum Mengajukan Pinjaman Pribadi Reviewed by Kim Jinsu on Selasa, April 29, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belitungku.com © 2011 - 2015
Powered By Google.co.id, Designed by Muhadi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.