Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Ingin Tuntaskan Kemiskinan Kabupaten Sidoarjo Belajar ke Belitung Timur


BELITUNG TIMUR - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Kamis (24/4) Pagi. Agenda kunker ini adalah studi banding terkait program pengentasan kemiskinan dan pengembangan basis data terpadu penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Beltim.Rombongan dari Kabupaten yang terkenal dengan “Lumpur Lapindo”-nya ini berjumlah 13 orang. Rombongan dipimpin oleh Asisten I Bidang Kesejahteraan Masyarakat, Asrofi, terdiri dari Asisten II Bidang Pemerintahan, Yanni, Kepala Badan Pemberdayaan masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana, Wowo, serta staf-staf dari Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, dan Dinas Pertanian Kabupaten Sidoarjo.

Rombongan disambut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Beltim, Talafuddin serta berbagai pimpinan satker terkait di Kantor Bupati Beltim, Komplek Perkantoran Terpadu.

Kabupaten Beltim dianggap memiliki keunggulan komprehensif dalam pengentasan kemiskinan. Kabupaten Satu Hati Bangun Negeri ini merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang melakukan pengembangan basis data terpadu dengan pengolahannya menggunakan proxy means testing (PMT) untuk menentukan peringkat prioritas rumah tangga miskin. Dan ini merupakan pendekatan terbaru yang digunakan oleh pemerintah pusat dalam penargetan program perlindungan.

“Kita ke sini (Kabupaten Beltim) terkait ada informasi kalau di sini ada unit pengaduan masyarakat dalam rangka penanganan kemiskinan. Jadi kita tertarik dengan adanya program semacam itu. Kita ingin belajar ke sini. Sebenarnya kita sudah lebih dulu punya, hanya saja kalau di sini lebih bagus,” kata Asisten I Bidang Kesra, Asrofi.

Selama kurang lebih dua jam, rombongan mendengarkan pemaparan Talafudin dan Kepala Bapeda Beltim, Yeni Srihartati mengenai program pengembangan basis data terpadu (BDT) di Ruang Rapat Bupati. BDT ini digunakan untuk memperbaiki penargetan penetapan sasaran pengentasan kemiskinan. Dalam pemaparannya Talafudin mengungkapkan kondisi angka kemiskinan di Kabupaten Beltim yang kian menurun. Terkait masalah rumah tangga miskin yang semangkin komplek, maka yang harus diperbaiki adalah mekanisme penargetan dan identifikasi masalah yang dihadapi tiap rumah tangga miskin.

Setelah mendapatkan pemaparan, rombongan dari Pemkab Sidoarjo berencana untuk meniru payung hukum/ peraturan daerah (Perda) tentang pengentasan kemiskinan yang ada di Kabupaten Beltim, mengingat Pemkab Sidoarjo belum memiliki Perda tantang pengentasan kemiskinan.(Herman/HMS)

(sumber: Satelit Raya)
Belitungku.com Portal Informasi Pulau Belitung Terlengkap
Ingin Tuntaskan Kemiskinan Kabupaten Sidoarjo Belajar ke Belitung Timur Reviewed by Kim Jinsu on Sabtu, April 26, 2014 Rating: 5

1 komentar:

  1. pembohongan publik! silahkan cek angka statistik BPS, angka kemiskinan meningkat di beltim, dari 7,13% di tahun 2011 menjadi 7,43% di tahun 2012.. angka kemsikinan tertinggi di babel itu adalah di beltim

    BalasHapus

All Rights Reserved by Belitungku.com © 2011 - 2015
Powered By Google.co.id, Designed by Muhadi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.