Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

46 Kecamatan Sasaran Pelaksanaan ST2013




Terhitung hari ini, Rabu (1/5/2013) Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai melakukan pencacahan lengkap Sensus Pertanian (ST2013). Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama sebulan ini mencakup 46 kecamatan dari tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Cukup luas cakupan yang akan disensus BPS. Dikatakan Teguh Pramono Kepala BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terdapat 46 kecamatan dari tujuh kabupaten/kota di Bangka Belitung menjadi cakupan pelaksanaan sensus. Adapun rinciannya, di Kabupaten Bangka terdapat delapan kecamatan, Belitung ada lima kecamatan, Bangka Barat dan Bangka Tengah masing-masing ada enam kecamatan, sementara di Bangka Selatan, Belitung Timur dan Pangkalpinang masing-masing terdapat tujuh kecamatan.

Mengenai petugas yang akan melakukan sensus, jelas Teguh, terdapat 303 koordinator dan 909 anggota atau dengan jumlah total petugas sebanyak 1.212 orang. Rincian penempatan sejumlah petugas ini, terdapat 304 petugas di wilayah Kabupaten Bangka, 168  petugas di wilayah Belitung, 184 petugas di wilayah Bangka Barat, 168 petugas di wilayah Bangka Tengah, 208 petugas di wilayah Bangka Selatan, 108 petugas di Belitung Timur dan 72 petugas ditempatkan di Pangkalpinang.

“Tujuan pelaksanaan sensus untuk memperbaharui data base pertanian, sehingga berimplikasi terhadap terwujudnya pertanian industrial unggul berkelanjutan dan efisien,” kata Teguh saat Rapat Interdep Persiapan Lapangan ST2013, di lantai 3 Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (30/4/2013).

Sangat diperlukan integrated data di sektor pertanian. Ia menambahkan, sebelumnya pembangunan di sektor pertanian masih dilakukan dengan cara scatter, sehingga mengalami kesulitan penyediakan sektor pendukung. Contohnya mengenai pengolahan dalam hal ini industri dan distribusi perdagangan. Untuk itu perlunya data statistik dalam merencanakan pengembangan di sektor ini.

“Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengumpulkan data statistik antara lain, melaksanakan sensus, survei, kompilasi produk administrasi dan cara lain sesuai dengan pengkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ungkapnya.

Berbicara mengenai petugas lapangan yang akan melaksanakan pencacahan, Teguh mengatakan, perekrutan petugas merupakan orang yang benar-benar bersedia dan siap melaksanakan ST2013. Petugas tersebut diikat secara resmi dengan surat perjanjian kontrak kerja. Selain dari anggota masyarakat, petugas sensus juga bisa dari kalangan pegawai instansi pemerintah dengan menunjukan surat dari pimpinan yang membebaskan orang tersebut dari tugas rutin selama mengerjakan ST2013.

Petugas akan bertugas maksimal di dua desa berbeda, namun tidak melewati batas kecamatan. Lebih jauh Teguh menjelaskan, petugas sensus akan diangkat secara resmi dan sah oleh kepala BPS di kabupaten/kota. Beberapa syarat umum calon petugas antara lain, berpendidikan SLTA, bisa bekerja sama, berkomunukasi dengan baik, bisa menulis, bersikap, berpenampilan dan berprilaku baik serta bersedia melaksanakan tugas sesuai kontrak kerja.

“Petugas harus menggetahui situasi dan kondisi di lapangan wilayah tugas dan mempunyai jejaring kerja,” tegasnya.(hzr/an) (Diskominfo)
46 Kecamatan Sasaran Pelaksanaan ST2013 Reviewed by Kim Jinsu on Rabu, Mei 01, 2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belitungku.com © 2011 - 2015
Powered By Google.co.id, Designed by Muhadi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.