Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Susu Termahal di Dunia, 1 Liter Seharga 276 Juta


Putih manis ini buat sebagian orang sama tak menyenangkan dengan buah durian. Ada aja orang-orang yang benar-benar nggak suka sama rasanya. Tapi asal kamu tahu, Sob, si putih manis ini udah ada sejak ribuan tahun silam dan punya banyak kisah untuk dibagi. Aplaus udah ngerangkumnya buat kamu. 

Ternyata oh ternyata!

► Kalau kebiasaan selama ini ternyata udah salah, apa masih mau diterusin? Simak dulu fakta berikut, Sob! 

► Budaya menyeduh susu dengan air panas yang selama ini kamu lakukan ternyata salah! Pasalnya, segala jenis vitamin yang ada di dalam susu akan terurai dan bisa jadi hilang. Bukannya jadi gizi, vitamin yang udah terurai akan menjadi sia-sia kalo diseduh dengan air panas. 

► Teh yang dicampur dengan susu atau lebih sering diucap orang-orang sebagai teh susu (atau bahasa kerennya adalah teh tarik) memang terasa nikmat. Tapi sayang TIDAK bermanfaat! Pasalnya kandungan theaflavin dan thearubigins yang terkandung dalam teh, ketika berinteraksi dengan susu malah akan menyebabkan kedua zat ini mengendap. Begitu penelitian yang dilakukan Dr Devajit Borthakur, ilmuwan Tea Research Association di Jorhat, India. 

Cantik, Cantik, Cantik



► Benar atau tidak, namun banyak orang percaya bahwa konon Cleopatra memanfaatkan susu untuk kecantikan kulitnya. Dengan waktu yang teratur perempuan cerdas ini mengisi bak mandinya yang berbentuk angsa dengan susu unta. 

► Soal asal muasal spa rupanya teknik mandi susu yang satu ini udah dikenal sejak zaman Mesir Kuno. Bahkan kepustakaan medis mencatat bahwa pada tahun 1500 SM spa yang menggunakan susu unta ini digunakan sebagai perawatan air untuk menyembuhkan demam. 

► Kabarnya lagi, konon Ratu Cleopatra punya resep rahasia untuk menjaga kehalusan kulitnya dengan susu yang disimpan dalam tulisan hieroglyph. 

► Meski kesannya agak merepotkan, masker yang dibuat dari susu mampu memberikan lapisan kulit baru bagi kulit. Karena selain ampuh mencegah penuaan dini, masker ini juga bisa mengusir noda di wajah. Coba yuk! 

► Punya masalah dengan pori-pori yang besar di wajah? Kuncinya cukup satu, yakni sour cream. Krim yang berasal dari produk susu asam ini ampuh menangkal keluhan pori-pori besar pada wajah. 

Dairy Product


► Belanda adalah salah satu negara terbesar yang memproduksi susu. Nggak heran kalau akhirnya berbagai macam keju dengan beraneka aroma bisa ditemukan di sana. Sehingga produksi ini membuat Belanda menjadi pengekspor keju terbesar ke-5 di dunia. 

► Mau tau ada berapa banyak peternakan susu di Belanda? Jawabannya adalah mencapai 30.000 pada tahun 2010. Dairy product tersebut pun menghasilkan sekitar 11.000.000.000 kg susu per tahunnya. 

► “ Milk is milk, but not all milk is the same .” Inilah slogan yang menjadi motto Campina, perusahaan es Belanda yang terkenal dengan produk es krimnya. 

► Belanda juga dikenal sebagai negara yang pertama kali menemukan cara meningkatkan asam lemak tak jenuh yang terdapat dalam susu yang berkhasiat meningkatkan kesehatan para konsumen susu. Penemuan ini dilandaskan penelitian Dutch Milk Genomic Initiative tahun 2004, dan mendapat dukungan penuh dari Universitas Wageningen, Asosiasi Persusuan Belanda NZO, dan organisasi pembiakan sapi Belanda CRV. 

► Sejarah juga mencatat kalau Belanda yang pertama kali mengenalkan susu sapi kepada negeri kita sebagai minuman mewah. Hingga pada tahun 1983 Bandung mengenalkan Bandoengsche Melk Centrale sebagai produk susu yang diolah secara pasteurisasi kepada nusantara. 

Termahal dan termurah!

► Ternyata susu termahal adalah susunya tikus yang dibandrol sekitar 23 ribu euro (276 juta rupiah) per liternya. Pasalnya nggak gampang untuk bisa mendapatkan jenis susu yang satu ini. Dibutuhkan sekitar 4000 ekor tikus untuk mendapatkan 1 liter susu. Karena tiap ekor tikus hanya bisa menghasilkan 1, 25 kubik sentimeter atau seperseribu liter susu dalam waktu setengah jam. 

► Uniknya lagi pengujian terhadap susu tikus yang telah dilakukan rekayasa genetika ternyata terbukti dapat menyembuhkan penyakit malaria. Mungkin ini juga yang bikin harganya jadi sangat mahal! 

► Kalau dari harga, susu tikus adalah susu termahal, maka dari segi volume, paus birulah yang mampu menghasilkan susu terbanyak. Kalau sapi mampu menghasilkan 10 ribu liter dalam setahun, maka paus biru mampu menghasilkan 600 liter susu yang begitu penuh dengan lemak dalam sehari. Sehingga bayi ikan paus mampu menambah berat sampai 100 kg per hari. 

Unbelieveable!




► Pernah dengar lomba peras susu unta? Uni Emirat Arab pada 26 Januari 2010 lalu menjadi negara yang pertama kali menggelar lomba peras susu unta dan lomba ini diikuti sebanyak 500 peserta pulak! Negara yang mengikutinya antara lain Saudi Arabia, Emirat, Oman, Qatar, dan Kuwait. Dan pemenangnya adalah unta betina yang berasal dari Emirat (pemiliknya bernama Muhammad Thasah Al-Amiri) yang mengeluarkan susu sebanyak 17 kg. Nggak hanya piala, pemenang juga membawa pulang uang tunai dan mobil. Gile juga nih... 

► Karena sangat mirip dengan kokain, industri film Amerika Serikat (AS) kerap memakai susu sebagai pengganti kokain, karena di negara ini kokain sangat dilarang beredar. 

► Ada lagi yang lucu! Hokkaido yang notabene merupakan salah satu kota produsen minuman di Jepang ternyata sudah memproduksi campuran beer dan susu dalam satu kemasan. Dua per tiga dari produk ini adalah susu, dan sepertiganya adalah bir. Namanya adalah BILK ( Beer Mil k). Konon rasanya mirip jus buah. Salut deh, Jepang emang gudangnya inovasi! 

► Adalah Abi Blake (30), perempuan asal Clifton, Bristol, Inggris yang menjual 10 jenis makanan yang diracik dengan ASI-nya sendiri. Katanya dia terinspirasi dari perempuan-perempuan India yang biasa menggunakan air susunya untuk masakan. Nggak hanya lasagna, tart, krim pasta, dan krim buah yang diraciknya dengan ASI, es krim pun dicampurkannya dengan ASI. Nah, berniat minum es krim rasa ASI? 



Sumber: Aplaus
Belitungku.com
Belitung News and Entertainment Online,
Portal Berita Belitung dan Hiburan secara Online.
Susu Termahal di Dunia, 1 Liter Seharga 276 Juta Reviewed by Kim Jinsu on Senin, April 08, 2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belitungku.com © 2011 - 2015
Powered By Google.co.id, Designed by Muhadi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.