Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Pelayanan Medis Floating Hospital DoctorSHARE di Negeri Laskar Pelangi


Setelah pelayaran perdana di Kepulauan Seribu pada 16-17 Maret 2013 silam, DoctorSHARE (Yayasan Dokter Peduli) kembali melakukan pelayanan medis dengan Rumah Sakit Apung (Floating Hospital) ke Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur.
Pelayanan medis cuma-cuma bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Timur ini berlangsung 2-4 April 2013 dengan tema “Berbagi Kasih Mewujudkan Indonesia Sehat”.

Floating Hospital DoctorSHARE berangkat dari Pelabuhan Kali Adem, Jakarta pada 31 Maret 2013 sekitar pukul 14.00 WIB. Kapal akhirnya tiba di Pelabuhan Gantung tanggal 2 April 2013 pukul 21.30 WIB setelah sempat kesulitan merapat karena kondisi air yang surut.

2 April 2013, tim advance (pendahulu) DoctorSHARE beranggotakan empat dokter dan dua sukarelawan non dokter tiba pada pagi hari. Tim melakukan survei lanjutan dan melaksanakan tiga bedah minor terhadap warga Belitung Timur di Puskesmas Gantung.

3 April 2013, DoctorSHARE yang terdiri dari 10 dokter, 1 asisten operasi, 1 perawat anestesi, dan 4 relawan non medis berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Timur yang terdiri dari 2 dokter, 11 perawat, dan 6 sukarelawan non medis. Seluruh tim bersama-sama melaksanakan pengobatan umum, bedah mayor serta melanjutkan bedah minor.

4 April 2013, DoctorSHARE melakukan sebuah bedah minor dan visit pasien pasca operasi mayor.

“Pengobatan umum dihadiri 118 warga, bedah minor 8 warga dan bedah mayor 6 warga,” papar ketua koordinator lapangan pelayanan medis Floating Hospital DoctorSHARE untuk Belitung Timur, dr. Yulisa dan dr. Edward Susanto.

Lima jenis penyakit terbanyak yang diderita warga adalah hipertensi, rematik, Infeksi Saluran Atas Pernapasan (ISPA), gastritis, dan penyakit kulit. Jenis bedah minor yang dilakukan adalah lipoma (lima warga), kista aterom (dua warga), dan FAM.

Adapun jenis bedah mayor yang dilakukan langsung oleh pendiri DoctorSHARE, dr. Lie A. Dharmawan. Ph.D, FICS, Sp.B, Sp.BTKV bersama dokter anestesi dr. Erniody, Sp.An, KIC di dalam Floating Hospital DoctorSHARE adalah hernia scrotalis sinistra (dua warga), hidrokel (dua warga), hernia ingunalis, dan ganglion pergelangan tangan berulang dengan pelengketan.

Dalam pelayanan medis kali ini, ditemukan sebuah kasus menarik dari seorang warga yang telah 10 tahun menderita hernia scrotalis sinistra sebesar buah kelapa yang berhasil dipulihkan setelah tindakan bedah mayor selama lebih dari satu jam.

“DoctorSHARE berhasil melakukan sebuah operasi besar dengan skala relatif rumit di dalam Floating Hospital yang belum tentu dapat dilakukan semua rumah sakit,” tutur dr. Lie A. Dharmawan. Ph.D, FICS, Sp.B, Sp.BTKV, pendiri sekaligus dokter bedah yang menangani operasi tersebut.

Seluruh pasien bedah mayor dirujuk ke RSUD Belitung Timur.

Bupati Kabupaten Belitung Timur, dr. Basuri Tjahaja Purnama, M. Gizi, Sp.GK yang menengok pelaksanaan pengobatan umum dan tindakan bedah dalam Floating Hospital, turut menyampaikan dukungannya atas pelayanan medis yang dilakukan DoctorSHARE di Belitung Timur.

Sekretaris Jenderal DoctorSHARE, dr. Luyanti, MARS menyatakan harapan agar DoctorSHARE dapat kembali melangsungkan pelayanan medis di Belitung Timur.

“Mudah-mudahan DoctorSHARE dapat kembali mengadakan pelayanan medis Floating Hospital di Belitung Timur. Keterbatasan waktu membuat cukup banyak warga belum sempat dioperasi.”

Dari Pelabuhan Gantung – Belitung Timur, Floating Hospital DoctorSHARE akan melanjutkan pelayaran ke Kalimantan Barat pada 9 April 2013 dan diperkirakan tiba dalam 20 jam sebelum akhirnya pelayanan medis akan dilangsungkan di kawasan tersebut tanggal 12-14 April 2013.

Floating Hospital DoctorSHARE berukuran 23,5 x 6,55 meter dengan fasilitas rumah sakit seperti ruang periksa, kamar bedah, kamar rontgen, laboratorium, ruang rawat pasien, ruang arsip, kamar dokter, kamar perawat, kamar karyawan, ruang diskusi, dapur, toilet, serta ruang kemudi kapal.

Floating Hospital DoctorSHARE merupakan sebuah upaya pihak swasta membantu program pemerintah yang akan difungsikan untuk memberi pelayanan medis bagi masyarakat pra sejahtera yang tersebar di kepulauan Indonesia. ***


Source: DoctorSHARE
Belitungku.com
Belitung News and Entertainment Online,
Portal Berita Belitung dan Hiburan secara Online.
Pelayanan Medis Floating Hospital DoctorSHARE di Negeri Laskar Pelangi Reviewed by Kim Jinsu on Jumat, April 12, 2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belitungku.com © 2011 - 2015
Powered By Google.co.id, Designed by Muhadi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.