Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

"Museum Kata" Andrea Hirata, Berubah Nama

Foto marianabita


BELITUNG - Museum Kata Andrea Hirata, Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur rencananya akan berganti nama dalam waktu dekat. Nama baru museum yang terletak di Jalan Laskar Pelangi nomor 7 ini dipersingkat menjadi 'Museum Andrea Hirata'.

Penulis Novel Laskar Pelangi Andrea Hirata mengatakan, perubahan nama itu bukan sekadar untuk mempersingkat kata atau mencari popularitas saja. Namun, sebagai upaya untuk mengakomodir perluasan misi galeri.

"Saya ingin galeri ini juga berfungsi sebagai pusat budaya, sehingga kalau menggunakan museum kata, konteksnya akan terbatas pada seni sastra saja," jelas Andrea kepada Bangkapos.com, Jumat (5/4/2013) pagi.

Menurut Andrea, sejumlah even kebudayaan ke depan akan ikut meramaikan museum. Ia juga membuka museumnya secara gratis bagi para seniman dan budayawan untuk berkreasi.

Untuk memperluas promosi museum, Andrea juga membuat sebuah blog khusus dengan alamat www.museumandreahirata.blogspot.com. Dalam waktu dekat, plank papan nama museum juga akan diubah dengan nama baru.

"Segera perubahan nama ini akan dilakukan, saya berharap ini juga tetap akan menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan," ujarnya.

Dari sudut pandang Andrea, museumnya kini membuktikan bahwa wisata budaya masih menjadi salah satu daya tarik utama wisatawan untuk datang ke Beltim. Terbukti, selama ini kebanyakan wisatawan yang
memilih paket tiga hari tiga malam akan menyempatkan diri untuk mengunjungi replika SD Laskar Pelangi dan Museum Kata Andrea Hirata.

Pantauan Bangkapos.com, Jumat (5/4/2013) kunjungan wisatawan di museum tersebut tak terhenti sejak pagi hingga siang. Dari sebagian besar wisatawan domestik yang berkunjung, tampak juga dua orang wisatawan mancanegara. Sebagian dari mereka datang dalam rombongan besar dengan menggunakan bus, dan sebagian lainnya hanya bersama keluarga.

Bagian paling menyenangkan dari kunjungan wisatawan tersebut adalah saat mereka mendapati Andrea Hirata di tempat. Kesempatan itu dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berfoto bersama dengan sang
penulis.



Sumber: Bangkapos.com - Jumat, 5 April 2013 22:26 WIB
Belitungku.com 
Belitung News and Entertainment Online, 
Portal Berita Belitung dan Hiburan secara Online.
"Museum Kata" Andrea Hirata, Berubah Nama Reviewed by Kim Jinsu on Sabtu, April 06, 2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belitungku.com © 2011 - 2015
Powered By Google.co.id, Designed by Muhadi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.