Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Ditemukan Fosil Ikan Tertua 370 Juta Tahun



MANCHASTER _ Peneliti belum lama ini menemukan ikan prasejarah yang tidak biasa. Ikan yang dinamakan Euphanerops longaevus ini memiliki sirip anal berpasangan di dekat anusnya. Ikan ini memiliki panjang 3,9 inci atau sekira 7,2 centimeter, sekilas tampak seperti belut modern.

Dilansir NBCnews, Rabu (10/4/2013), peneliti menduga Euphanerops merupakan spesies hewan pertama yang hidup sejak 370 juta tahun yang lalu dan telah mengalami evolusi anggota tubuh, yang mana dalam hal ini adalah siripnya.

Selain itu, Euphanerops termasuk jenis ikan tanpa rahang yang hidup jauh sebelum dinosaurus pertama kali muncul. Ikan tersebut berkembang dengan dua sirip di sisinya. Berbeda dengan ikan modern yang hanya memiliki sirip anal tunggal yang terletak di dekat bagian belakangnya untuk membantu keseimbangan tubuh.

"Memiliki dua sirip berpasangan di bawah anusnya ini sangat memungkinkan ikan ini memiliki kemampuan kontrol tubuh dan kelincahan yang lebih baik lagi dalam setiap gerakannya," jelas seorang peneliti dari University of Leiscester dan University of Manchaster, Sansom bersama anggota timnya Sarah Gabborr dan MA Purnell.

Fosil spesimen ini ditemukan di Miguasha, Quebec, Kanada yang kemudian disimpan dalam koleksi National History Museum di London dan Museum d'Histoire Naturelle di Quebec, Kanada.



Sumber: Plasa MSN
Belitungku.com
Belitung News and Entertainment Online,
Portal Berita Belitung dan Hiburan secara Online.
Ditemukan Fosil Ikan Tertua 370 Juta Tahun Reviewed by Kim Jinsu on Rabu, April 10, 2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belitungku.com © 2011 - 2015
Powered By Google.co.id, Designed by Muhadi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.