Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

BPBD Provinsi Babel Menerima Bantuan Kendaraan dan Peralatan Operasional



Pangkalpinang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mendapatkan bantuan kendaraan dan peralatan operasional dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, yang penyerahannya dilaksanakan pada hari Kamis 4 April 2013, yang bertempat di kantor BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Acara penyerahan bantuan tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur H. Rustam Effendi, Bsc yang mewakili Gubernur, dan Sekda Provinsi kepulauan Bangka Belitung Imam Mardi Nugroho, dan juga para Kepala SKPD dari berbagai instansi.

Dengan adanya pemberian bantuan ini, maka Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan bertanggung jawab dengan barang-barang logistik, dengan biaya operasional dan biaya pemeliharan barangnya juga.

Wakil gubernur H. Rustam Effendi, Bsc turut menyampaikan bahwa, kondisi geografis di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berbeda dari daerah-daerah lain, dengan kurang lebih 80% berbentuk kepulauan, kemungkinan bencana akan selalu ada.

“Namun demikian, dari pantauan kita, masih dapat bisa diatasi, yang artinya tidak terlalu signifikan bencana-bencana yang timbul di daerah kita,” ujarnya.

Pada prinsipnya, terjadinya bencana tidak bisa diprediksi, untuk itu kita tetap harus selalu siap dan siaga, apabila bencana terjadi sewaktu-waktu. Dan persiapan logistik akan sangat membantu dalam keadaan darurat.

“Bantuan kendaraan operasional dari pusat ini cukup berarti bagi kita. Dan saya harapkan, bantuan ini dapat dioperasionalkan sesuai dengan prosedur yang sudah digariskan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.” ungkap beliau.

Selain bantuan peralatan yang memadai, Wakil Gubernur H. Rustam Effendi juga berharap diikutsertakan dengan Sumber Daya Manusia nya, dengan mengadakan pelatihan-pelatihan yang diperlukan untuk mengantisipasi kejadian-kejadian bencana, sebelum kejadian, saat kejadian, maupun setelah kejadian bencana. Dimana sumber daya manusia tersebut dapat meminimalisir korban yang ada dilapangan.

Bantuan yang diberikan dari pemerintah pusat berupa, kendaraan air perahu karet ukuran 10 orang 1 unit, mesin perahu karet kapasitas 25 PK 2 unit, dan kapasitas 40 PK 3 unit. Alat komunikasi berupa HT 5 unit, RIG 2 unit, dan SSB 2 unit.

Peralatan dan perlengkapannya berupa tenda posko 1 set, tenda pengungsi 5 set, lampu penerangan solar cell 7 unit, tenda keluarga 20 unit, solar handle lamp 20 unit, velbed 50 unit, lampu senter HID search light 2 unit, genset 1,2 KW 1 unit, dan Genset 10 KVA 1 unit.

Dan terakhir adalah alat dapur 7 box, family kids 9 tas, masker 79 box @50 lembar, dan tenda gulung. (K5/TMC)


Sumber: Diskominfo

Belitungku.com 
Belitung News and Entertainment Online, 
Portal Berita Belitung dan Hiburan secara Online.
BPBD Provinsi Babel Menerima Bantuan Kendaraan dan Peralatan Operasional Reviewed by Kim Jinsu on Jumat, April 05, 2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belitungku.com © 2011 - 2015
Powered By Google.co.id, Designed by Muhadi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.