Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

10 Pesawat Tempur Hawk-200 Siap Bom Tanjungpandan



Sebanyak 130 personel dari dua skuadron TNI AU bakal menjadikan Palembang menjadi homebase operasi Jalak Sakti 2013 untuk merebut kembali Tanjungpandan, 26-27 Maret 2013.

Danlanud Palembang Letkol Pnb Adam Suharto mengatakan, Jalak Sakti 2013 yang merupakan operasi udara latihan puncak udara I ini melibatkan dua skuadron tempur, skuadron udara 1 Pontianak dan skuadron 12 Pekanbaru dengan homebase Lanud Palembang.



"Rencana mereka akan tiba 25 Maret 2013. Masing-masing skuadron membawa 5 pesawat tempur Hawk-200. Jadi ada 10 pesawat nantinya. 130 anggota yang terlibat dari penerbang, teknisi, pendukung, helikopter, dan SAR," ungkap Adam Suharto, Rabu (20/3/2013).

Menurut Adam, operasi Jalak sakti ini skenario mengebom Tanjungpan (Belitung).

"Skenarionya sebagian wilayah diduduki musuh di Tanjungpandan. Atas perintah Presiden melalui persetujuan DPR, memerintahkan Panglima TNI untuk merebut wilayah RI ini. Setelah penyerangan udara untuk melumpuhkan kekuatan musuh, baru diserahkan yang di darat. Paskhas dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta bergerak ke Tanjungpandan. Begitu juga dari Palembang ke Tanjungpandan," jelas perwira TNI AU lulusan Akmil angkatan 1991.

Adam juga mengundang masyarakat Kota Palembang dan
sekitarnya untuk menyaksikan statik show pesawat tempur yang
akan tiba di Base Ops Lanud Palembang ini.

"Silahkan masyarakat yang mau nonton bisa datang ke sini," seru Adam.





Sementara Base Ops Lanud Palembang juga akan kedatangan tujuh pesawat KT-1 tim aerobatik TNI AU Jupiter, Jumat (22/3/2013) siang.

Sebanyak 60 personel pendukung dan pesawat Hercules terlibat dalam rombongan tim ini.

"Tim Jupiter ini akan main air show di Malaysia. Mereka mampir ke Palembang untuk refuel. Tim ini bergerak dari Adisucipto Yogyakarta, ke Halim PK, Palembang, Medan, lalu ke Malaysia. Karena waktunya sebentar hanya untuk mengisi bahan bakar, jadi tidak kita mintakan statik show," terangnya.




sumber: SRIPOKU.COM
10 Pesawat Tempur Hawk-200 Siap Bom Tanjungpandan Reviewed by Kim Jinsu on Rabu, Maret 20, 2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belitungku.com © 2011 - 2015
Powered By Google.co.id, Designed by Muhadi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.