Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Terlalu Banyak Olahraga Bisa Buat Wanita Telat Haid

Belitungku.com Olahraga secara signifikan dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan seseorang. Namun bila dilakukan secara berlebihan dan tidak diimbangi dengan istirahat cukup dan makanan bergizi, maka olahraga bisa menyebabkan terganggunya siklus menstruasi.

Tidak teratur menstruasi atau amenore sering terjadi pada atlet wanita yang terlalu banyak melakukan olahraga namun tidak diimbangi dengan istirahat cukup dan makan makanan bergizi.

Amenore sebenarnya adalah sebuah gangguan serius yang dapat memiliki konsekuensi yang berbahaya. Jika Anda mengalami periode menstruasi yang tidak teratur atau tertunda, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan.

Dengan amenore primer, olahraga berat di usia muda dapat menyebabkan terlambat menarche atau tertundanya menstruasi pertama. Penari balet yang sering memulai pelatihan berat oleh sejak usia 9 tahun sangat rentan mengalami kondisi tersebut. Sekitar 24 hingga 40 persen balerina mengalami menarche tertunda, seperti dilansir SportsDoctor dan dikutip detikhealth.

Amenore sekunder terjadi bila tidak adanya tiga periode menstruasi berturut-turut setelah seorang wanita telah mengalami dua atau lebih menstruasi normal. Amenore didiagnosis dengan pemeriksaan fisik dan tes darah, sebelum mengidentifikasi terlalu banyak olahraga sebagai penyebabnya.


sumber: wolipop.com

Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Terlalu Banyak Olahraga Bisa Buat Wanita Telat Haid Reviewed by Kim Jinsu on Minggu, Oktober 02, 2011 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belitungku.com © 2011 - 2015
Powered By Google.co.id, Designed by Muhadi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.