Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Merah putih berkibar di bawah laut Wakatobi

Pengibaran bendera merah putih di bawah laut.

WANGIWANGI, Sultra: Sebanyak 100 penyelam mengibarkan bendera merah putih di bawah laut Pantai Sombu, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara dalam peringatan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 2011, hari ini.

Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan, Pos M Hutabarat mewakili Menteri Pertahanan, dalam sambutan pada upacara tersebut mengatakan peringatan Proklamasi kemerdekaan ke-66 kali ini, mengangkat tema “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita tingkatkan Kesadaran Hidup dalam ke-Bhinnekaan untuk kokohkan Persatuan NKRI”.
“Untuk mengimplementasikan tema peringatan HUT Proklamasi ke-66 tahun, setidaknya ada tiga kata kunci yang harus dipahami, yakni semangat proklamasi, hidup dalam ke-bhinnekaan dan kokohkan persatuan NKRI,” katanya.

Semangat proklamasi, kata dia, bahwa kemerdekaan Indonesia memang merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa, namun merebutnya dari tangan penjajah membutuhkan perjuangan seluruh rakyat dengan mengorbankan harta maupun nyawa.
Sedangkan kesadaran hidup dalam ke-Bhinnekaan, berarti Indonesia merupakan negara kepuluan terbesar yang penduduknya terdiri dari berbagai suku, agama, adat istiadat dan kebudayaan.
Sedangkan kokohkan persatuan NKRI, lanjut Dirjen, bawah meskipun Indonesia terdiri dari banyak suku akan tetapi tetap merupakan satu bangsa.

“Dengan kehendak dan semangat untuk bersatu, maka seluruh pulau dan suku bangsa akan menjadi kekuatan NKRI untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan,” katanya.
Oleh karena itu kata dia, menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa dan negara, menjadi kewajiban semua pihak.

Dirjen mengatakan peringatan detik-detik proklamasi di bawah laut pantai Sombu, Wakatobi yang dirangkaikan dengan kegiatan Nasional “Sail Wakatobi Belitong” 2011, mengukuhkan bahwa Tanah Air Indonesia 2/3 bagian adalah wilayah perairan.
Oleh karena itu, pengibaran bendera di bawah laut dalam peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan, perlu dijadikan kegiatan formal tahunan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang berada di wilayah-wilayah pesisir.

Dirjen Bela Negara Kementerian Pertahanan, Laksamana Muda Ken, bertindak sebagai inspektur upacara dalam pengibaran bendera merah putih di bawah laut Pantai Sombu.
Sekretaris Daerah Kabupaten Wakatobi, Hardin La Omo dan sejumlah pejabat lingkup Sekretaritan Pemerintah Kabupaten Wakatobi ikut menyaksikan pengibaran bendera merah putih di bawah laut itu melalui layar televisi.
 
Bupati Wakatobi Hugua tidak hadir dalam upacara tersebut, karena pada saat yang sama menjadi pembina upacara pada peringatan HUT Proklamasi kemerdekaan di Lapangan Merdeka Wangiwangi.
 
Reff: bisnis-kti.com
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Merah putih berkibar di bawah laut Wakatobi Reviewed by Kim Jinsu on Rabu, Agustus 17, 2011 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belitungku.com © 2011 - 2015
Powered By Google.co.id, Designed by Muhadi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.